Rabu, 21 Desember 2016

Pembobol ATM Ditangkap Saat Beraksi Terekam CCTV

Waspadalah sindikat spesialis pembobol mesin ATM selalu mempunyai modus terbaru untuk menguras uang, seperti aksi pelaku yang terekam kamera pengawas CCTV di salah satu Bank di Jalan Grand Hotel Lembang Bandung Jawa Barat ini
Ilustrasi Pembobolan ATM
Waspadalah sindikat spesialis pembobol mesin ATM selalu mempunyai modus terbaru untuk menguras uang, seperti aksi pelaku yang terekam kamera pengawas CCTV di salah satu Bank di Jalan Grand Hotel Lembang Bandung Jawa Barat ini.

Pelaku yang merupakan warga asal Palembang ini rupanya memanfaatkan kartu ATM pribadinya dan juga calon korbannya, pelaku sendiri berhasil di bekuk Polisi karena wajahnya sudah dikenali sejumlah Bank karena beberapa kali terekam kamera CCTV tengah membobol ATM. Menurut pelaku ia sudah 30 kali membobol mesin ATM yang tersebar di Bandung Barat.

Aksinya berlanjut di kota Cimahi dan Bandung dengan kerugian Bank mencapai puluhan juta rupiah, tidak hanya kartu ATM miliknya dan korban ia bahkan juga menggunakan kartu ATM milik istrinya untuk menguras isi ATM. Pelaku sendiri rupanya sudah mengenali spesifikasi sekaligus kelemahan mesin ATM tertentu sehingga dengan sangat mudah menguras uang melalui kartu ATM tanpa mengurangi saldo tabungan seseorang.

"Gak ada trik ataupun gak ada apapun ya dikasih tahu di bagian ini lemah cara sampai di bagian itu kelemahan mesin ATM adalah jika bibirnya ditahan, jika tempat keluar uang itu ditahan dan di endingnya itu sebelum lidahnya itu mundur masuk ke Box di situ kelemahannya ada beberapa detik di situ Pak" ucap Andi Felani Pelaku Pembobol ATM

Untuk menghindari kecurigaan setiap membobol ATM pelaku membatasi penarikan uang tunai sebesar 1,5 juta rupiah, dari hasil penangkapan ini Polisi berhasil menyita uang tunai hasil pembobolan pelaku sebesar 1 juta rupiah, belasan kartu ATM dan sebilah pisau.

"dia adalah pengembangan dari temannya yang di Palembang dengan modus yang sama bisa membobol mesin ATM tertentu tadi" ujar Kompol Widarjo Kapolsek Lembang

Aksinya tergolong sederhana karena hanya menggunakan pisau, petugas keamanan Bank yang mengetahui aksi tersebut langsung mengunci tersangka di dalam ruang ATM. Tersangka yang terkunci akhirnya di tangkap petugas Polsek Lembang selain barang bukti rekaman CCTV petugas juga menyita pisau dan sejumlah kartu ATM selama 2 bulan beraksi tersangka mengaku sudah membobol 30 ATM di kota Bandung, Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Polisi terus mendalami dan mengembangkan kasus ini diperkirakan pelaku lebih dari 2 orang untuk sementara pelaku ditahan di Mapolsek Lembang dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar